Senin, 21 Oktober 2013

seputar HARDWARE komputer


halo gan, saya mau berbagi ilmu seputar hardware komputer

ISTILAH-ISTILAH :
1. tipe processor
Ada bermacam – macam merk prosesor, tetapi didunia usaha ada dua vendor prosesor besar yang merajai dunia usaha processor. Merk amd serta intel. Ke-2 perusahaan prosesor ini saling berkompetisi didalam dunia usaha, mereka senantiasa berlomba¬lomba mengembangkan kinerja prosesornya.

2. chip set
Chipset merupakan ic ukuran kecil yang pada komputer merupakan layaknya "polisi lalu lintas" pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menentukan piranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (pc).

3. cache
L2, cache, istilah cache merupakan suatu teknik yang digunakan oleh processor untuk meletakkan atau mengakses data yang sering diakses. Data tersebut diletakkan dalam memory cache yang kecepatan aksesnya cukup cepat dibandingkan akses harddisk atau RAM. Cache dibagi menjadi 3 level, yaitu Level 1 (L1), Level 2 (L2), dan Level 3 (L3). L1 Cache terletak dalam processor (yang biasa disebut dengan cache internal) dengan kecepatan akses paling cepat dan kapasitas 128 KB, sedangkan Cache L2 terletak terpisah dengan processor (atau cache eksternal) dengan kapasitas berkisar antara 256 KB hingga 2 MB. 

4.kecepatan processor/ speed processor
“prosesor intel celeron 2,4 GHz,” “Prosesor Intel Pentium 2,8 GHz,’ atau “AMD Athlon 64 FX-57 2,8 GHz,”GHz adalah singkatan dari “gigahertz”. Satuan ini menunjukkan seberapa cepat mikroprosesor dapat memproses data dan mengeksekusi inturuksi program.

5.socket dalam processor
Socket prosesor, soket ini merupakan tempat dimana prosesor dipasang. Umumnya ada dua jenis prosesor yaitu socket dan slot. Biasanya setiap motherboard memiliki satu jenis saja misalnya socket saja atau slot saja, tetapi ada juga yang memiliki  lebih ddari satu socket atau slot yang biasanya digunakan untuk multi processor.. Penting sekali memasukkan processor dengan hati hati agar pinnya yang bengkok (ada ratusan pin pada processor jenis socket)  

memory / RAM
istilah-istilah :
1.memory cache
Cache berasal dari kata cash. Dari istilah tersebut cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.Cache memori ini adalah memori tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan harga yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori ini terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada MEMORI utama.

2. jenis-jenis memory
  • DRAM : Dynamic RAM merupakan memory chip yang digunakan pada memory utama komputer. DRAM memiliki karakter harus terus-menerus direfresh dengan pulsa listrik untuk mempertahankan data yang disimpan dalam chip.
  • SRAM : Static RAM merupakan chip yang digunakan sebagai memori cache. SRAM jauh lebih cepat daripada DRAM dan tidak perlu sering-refresh.
Motherboard 
istilah-istilah : 
1. chipset dalam Motherboard
Chipset Mainboard mengontrol interaksi antara perangkat keras/ hardisk yang terhubung ke mainboard.

2. slot di Motherboard  
Slot adalah bagian dalam sebuah sistem komputer yang sangat umum dan selalu tersedia. Slot ini berguna sebagai tempat untuk meletakkan atau memasang peralatan tambahan bagi komputer Anda. Slot menurut kebutuhan dan kemampuannya telah dibeda-bedakan, disesuaikan dengan kebutuhan dari sistem itu sendiri. Misalnya, sebuah komputer biasa tidak perlu memiliki slot untuk EISA untuk SCSI, namun server sangat membutuhkan fasilitas slot ini. Sehingga bagi Anda yang ingin memiliki server, ada baiknya untuk memperhatikan fasilitas slot yang tersedia pada motherboard tersebut. Masing-masing slot dibedakan menurut bentuk, kecepatan, dan fasilitas yang dimilikinya. Dan setiap slot yang tersedia dalam sebuah motherboard akan mempengaruhi harga dan kinerja dari sistem itu sendiri.

3. Northbridge
Northbridge mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi

4. southbridge
Soutbridge mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar